Pengantar Analisis Masalah Sosial


Assalamu'alaikum wr wb


Pertemuan pertama untuk mata kuliah Analisis Permasalahan/Masalah Sosial ini, kita akan membahas sekilas tentang pengantar masalah sosial.

Hampir setiap hari kita disuguhi dengan berita baik di televisi, koran, media sosial, hingga angkringan tempat nongkrong setiap hari bahkan di kursi di dalam maupun di luar rumah tentang berbagai masalah yang mayoritas mengerucut pada masalah sosial. Seperti kesenjangan ekonomi, pencurian, perampokan, hingga masalah-masalah lain yang ada kaitannya dengan manusia lain.

Namun, apakah kita sadari dan fahami bahwa berbagai masalah yang kita lihat dan kita dengar banyak yang dapat dikategorikan sebagai masalah sosial? tentu diantara kita ada yang sadar dan faham, ada pula yang tidak sadar dan tidak faham. Lantas apakah diantara kita pernah menganalisis masalah tersebut? jawabannya pun demikian, ada yang iya dan ada yang tidak.

Nah, untuk itu, kita akan mempelajari tentang dasar-dasar tentang Analisis Permasalahan Sosial. Sebab, untuk menentukan apakah benar-benar masalah tersebut masuk kategori masalah sosial atau tidak, kita perlu mengetahui metode, dan salah satu metode tersebut adalah analisis sosial atau analisis masalah sosial.

Analisis menjadi sangat perlu karena dapat menjadi alat identifikasi dan pemahaman masalah yang lebih luas dan tajam kaitannya dengan akar masalah maupun ranting. Kemudian untuk memahami potensi kaitannya dengan peluang, kekuatan dan kelemahan dasi sebuah masalah, lalu untuk membangun ukuran dan prediksi segala kemungkinan yang dapat terjadi.

Secara umum ada tahap-tahapan yang perlu dilakukan untuk menganalisis permasalahan sosial. Seperti melakukan persiapan, penggalian data lapangan, mengumpulan dan pemilahan data, penentuan masalah (prioritas dan akar masalah), kemudian menyimpulkan masalah.

Melalui tahap analisis permasalahan tersebut akan didapatkan hasil untuk menjadi bahan pencarian solusi dari pelbagai masalah yang telah dianalisis. Pencarian solusi tersebut juga akan menghasilkan opsi-opsi solutif yang dianggap dan dinilai mampu menyelesaikan masalah sosial.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengantar analisis masalah sosial. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr wb.

Penulis: Wahyu Khoiruz Zaman, S.Kom.I., M.S.I
Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus. 

Posting Komentar

0 Komentar